Perayaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Offline Setelah 2 Tahun Pandemi

Senin, 18 Juli 2022, SMAN 19 Surabaya mengadakan upacara pembukaan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara Offline di halaman sekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) diikuti oleh 401 peserta didik baru dari berbagai sekolah melalui jalur afirmasi,jalur perpindahan tugas orang tua/wali, jalur prestasi hasil lomba, jalur prestasi nilai akademik, dan jalur zonasi PPDB. 

Dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah secara offline ini dilakukan selama 3 hari, mulai hari senin, 18 Juni 2022 hingga Rabu, 20 Juli 2022 dari pukul 06.30 – 12.30. Namun, pada hari Jumat, 15 Juli 2022 peserta didik baru telah masuk melakukan kegiatan pra MPLS sebagai bekal atau pengarahan untuk kegiatan MPLS yang akan dilaksanakan pada hari Senin hingga Rabu.

Upacara pembukaan Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tersebut di buka oleh ibu Tri Kurniawati, M.Pd. selaku ketua kegiatan MPLS 2022-2023 melaporkan kegiatan MPLS pada kepala sekolah,  selanjutnya sambutan oleh bapak Drs. Moh. Zainuri, M.Si. selaku kepala sekolah dan secara simbolis menyematkan PIN peserta MPLS kepada dua perwakilan peserta didik baru yang telah terpilih. Penyematan PIN peserta MPLS menjadi simbol bahwa kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara resmi telah dibuka dan siap mengikuti serangkaian kegiatan MPLS yang telah disusun oleh panitia.

Setelah upacara, kegiatan MPLS hari pertama di lanjutkan dengan serangkaian kegiatan, mulai absen pagi, materi pertama- Pengenalan Profil Sekolah oleh ibu DianTri Septiningtyas, S.Pd selama kurang lebih 1 jam, tepat pukul 09.30 – 10.00 peserta MPLS istirahat dengan ritual makan bersama bekal yang telah dibawa dari rumah masing-masing. Pnitia MPLS juga memberikan game-game yang dapat menyegarkan dan memberikan semangat peserta MPLS agar dapat mengikuti materi kedua sekaligus terakhir di hari pertama MPLS, yaitu materi Wiyata Mandala. Tepat pukul 11.45-12.30 kegiatan ditutup dengan pengarahan oleh setiap gugus, absen, dan pulang.

Kegiatan MPLS hari kedua dan ketiga juga tidak jauh berbeda, hari kedua dimulai pukul 06.30 hingga pukul 12.30. di awali dengan doa, apel MPLS, dan absen. Setelah itu, baru lah peserta didik akan menerima materi ketiga tentang bela Negara dan kedisiplinan oleh bapak May Inf. Harianto (komandan Koramil Kenjeran) sebagai pemateri luar. Materi terakhir atau yang keempat berupa Pengenalan Kurikulum Merdeka Belajar oleh waka Kurikulum bapak Pipin Riyanto, M.Pd. sebelum persiapan pulang, peserta MPLS menyiapkan challenge untuk persiapan hari ketiga sebagai penutup MPLS.

Di hari terakhir MPLS, menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta MPLS karena hari ketiga ini, mereka akan disuguhkan oleh penampilan kakak kelas yang akan melakukan demo ekskul yang ada di SMAN 19 Surabaya. Demo ekskul ini, diharapkan dapat menumbuhkan antusias peserta didik baru agar aktif mengembangkan bakat melaui kegiatan ekskul yang akan diikuti dan dapat berpartisipasi di luar prestasi akademik. PAnitia MPLS juga mengadapan penutupan kegiatan dengan sangat meriah dan semarak melalui APSI MPLS dan chant class yang dilakukan di lapangan depan. Penutupan MPLS yang megah dengan iringan dram band serta nyanyian-nyanyian, mulai dari mars SMAN 19 Surabaya, yel-yel tiap kelompok MPLS, dan salam pisah kakak panitia kegiatan MPLS.

Leave A Reply

Your email address will not be published.