Surabaya Young Scientists Competition ( Lomba Peneliti Belia Surabaya )

 

img-20161108-wa0004img-20161108-wa0000

 

 

 

 

 

 

 

      Surabaya –  Sebanyak 26 tim dari SMA Negeri 19 Surabaya mendaftar dalam ajang bergengsi di kota Surabaya  “Surabaya Young Scientists Competition” yang digelar selama 2 hari  (26 s.d 27 Oktober 2016) di gedung Balai Pemuda.

Dalam lomba tersebut diikuti oleh 1.116 peserta yang terdiri dari berbagai jenjang mulai dari, SMP/MTsN,SMA/SMK se-Surabaya.Lomba tersebut dibagi menjadi 5 bidang,yaitu :Life Science; Enviroment Sains; Computer Sains; Physics Sains; Mathematics Sains.

   Menurut kepala Diknas kota Surabaya Dr.Ikhsan ,S.Psi,M.M ajang “SYSC” atau LPB ( Lomba Peneliti Belia ) ini diadakan rutin tiap tahun, untuk menumbuhkan saintis-saintis muda dari kota Surabaya.Tim SMAN 19 Surabaya pernah menjuarai Lomba Peneliti Belia (CYS) ini pada tahun 2014 sebagai peraih Medali Emas tingkat Nasional dibidang Environment Sains dengan judul penelitian “Nugget Jangkrik Sebagai Alternatif Makanan Bergizi” ( diwakili oleh Kejora Pitaloka & Sintia ).Tahun ke-4 penyelenggaraan ajang YSSC 2016 ini, Tim SMAN 19 mampu menembus Final. Empat tim tersebut terdiri dari  2 tim Computer Sains, 1 tim Physics Sains,dan 1 tim Life Sains. Nama – nama peneliti yang lolos ke babak final antara lain :

  • Bidang Computer Sains diwakili oleh Erika Rachmanto&Novita Anjar W dengan judul penelitian “VRIG ( Virtual Reality Interactive Game )”.
  • Bidang Physicsdiwakili oleh Dwi Kurnia W.&Risma Puji Anggraini dengan judul penelitian “Coreless Generator Solution for Energy Efficiency and Low Cost Production Technology’.
  • Bidang Life Science diwakili oleh Yoga Arjuna Putra D.&Batara Sitorusdengan Judul penelitian “Ocymum Spray as an Effective Mosquito Reppelent”.
  • Bidang Computer Sains diwakili oleh Angelina Soraya&Devi Putri Almadidengan judul penelitian “Formalin Detecyor to find HCHO Levels In a food based on Arry Sensor”.

  Lomba peneliti belia ini bertujuan untuk membuat siswa befikir kritis,logis dan obyektif. Sehingga bisa memotivasi seluruh siswa/siswi di Surabaya khususnya SMAN 19 untuk berkarya dalam ajang penelitian tingkat Internasional.

( Humas SMAN 19 Surabaya )

Leave A Reply

Your email address will not be published.