Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS,MPK dan Ekskul 2017-2018 (LDK)

Pada  tanggal  4- 6 september 2017, sekolah  SMA Negeri 19 surabaya  mengadakan latihan dasar kepemimpinan siswa bagi calon pengurus OSIS,MPK,eskul 2017-2018 di prigen ,Pasuruan. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Sekolah SMAN 19 Surabaya Drs. Moh.Zainuri, M.Si yang diikuti oleh calon Pengurus OSIS,MPK,ekskul beserta panitia yang terdiri dari bapak dan ibu staf pengajar.

Program LDK ini adalah program tahunan yang wajib diikuti oleh Pengurus OSIS,MPK,ekskul. Karena dengan kegiatan LDK ini diharapkan tumbuh kesadaran dan kemandirian siswa terkait berbagai hal selama menjadi seorang pelajar. Tidak bisa dipungkiri masih banyak siswa yang selalu bergantung pada orang tuanya mulai dari hal terkecil hingga hal-hal yang sebetulnya bisa dipersiapkan sendiri. Lama-kelamaan ketergantungan ini akan menjadi penyakit yang sulit untuk dihilangkan. Bagi siswa dari kalangan menengah kebawah kemandiriaan adalah hal mutlak.

Dalam kegiatan LDK ini para panitia bermaksud memberikan shock therapy kepada para peserta. Selain diberikan bekal materi yang paling menarik adalah praktiknya dilapangan. Apakah jiwa kepemimpinannya muncul atau tidak ketika diberikan beberapa kasus kecil. Sehingga setiap kesalahan yang dilakukan oleh para peserta pasti akan selalu di permasalahkan oleh panitia.Hal ini dilakukan tentu saja bukan tanpa alasan. Panitia ingin melihat sejauh mana daya kritis dan cara berpikir siswa ketika berada dalam tekanan. Menjadi seorang pemimpin tentu saja harus tegas, tangkas dan mampu mengambil segala resiko dalam situasi terdesak sekalipun.

Kebersamaan ialah hal yang amat diperhatikan selama pelaksanaan LDK. Setiap peserta wajib mematuhi seluruh peraturan dan perintah yang diberikan oleh tim pemberi LDK. Jika tidak, maka kepadanya  akan diberikan hukuman, dan Kebersamaan juga diterapkan apabila ada salah satu peserta LDK yang melakukan kesalahan maka seluruh peserta akan mendapat hukuman .

Leave A Reply

Your email address will not be published.